Home » , » Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Dan Bing WebMaster Tool

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Dan Bing WebMaster Tool

Posted by RSB - Rumah Seo Blogger

Ada banyak sekali mesin pencari yang populer saat ini, Diantaranya yaitu bing dan Google, di postingan ini RSB-RumahSeoBlogger akan membahas Cara mendaftarkan blog kita Ke 2 (DUA) search engine tersebut.
kenapa hanyak ke dua itu saja sebenarnya kan masih ada juga yang tidak kalah populer salah satunya yahoo. Saya disini hanya menyediakan tutoril yang kebanyakan besar saya terapkan di blog RSB-RumahSeoBlogger setidaknya yang pernah saya pelajari dan saya buktikan di blog lain yang saya buat percobaan. Saya lebih senang menggunakan Google dan Bing saja dalam mencari informasi di search engine.

Sebenarnya seiring dengan berjalannya waktu artikel yang kita tulis atau postkan pada akhirnya akan diindex juga tanpa harus mendaftarkan, tapi untuk lebih memastikan artikel yang kita buat benar-benar Terindex kita harus mendaftarkan dan memverifikasinya ke google dan bing dan sekaligus mensubmit peta situs yang terdapat dalam blog, sehingga artikel blog akan mudah untuk diindex dan dikenali.

Saat anda pertama kali membuat blog tentunya blog anda perlu di daftarkan ke Webmaster tool, fungsinya untuk memonitoring blog anda, sepertli Google Webmaster Tool dapat membantu dalam mengoktimalkan blog, mendapatkan informasi tentang cara Webmaster merayapi blog anda, memberi tahu masalah-masalah pada blog anda dan lain sebagainya.
Baca : Cara Membuat Blog
 Oleh karena alasan itulah pentingya mendaftarkan dan verifikasi blog Anda ke Google  dan Bing Webmaster Tools. Yuk, langsung saja kita simak cara daftar dan verfikasinya.

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google 

Langkah-langkahnya ada 2 cara:

  1. Mendaftarkan blog ke google webmaster tools
  2. Mendapatkan Kode Verifikasi google webmaster tools kemudian kita tempel pada kode template blog yang kita miliki
Langkah pertama kita akan mendaftarkan blog ke google webmaster tool terlebih dulu. 
  • Masuk ke halaman http://www.google.com/webmasters/, kemudian tekan tombol biru yang bertuliskan "Sign In To Webmaster Tools", Silahkan anda login menggunakan gmail yang anda buat untuk mendaftarkan blogger sebelumnya. jika anda berhasil, anda akan masuk kehalaman utama google webmaster tools.
  • Cari dan tekan tombol merah bertuliskan "Add Site", pada dialog isian yang muncul silahkan anda masukan alaman url blog atau situs yang akan sobat daftarkan ke Google webmaster tool  kemudian tekan ok, jika anda berhasil, alamat situs atau blog yang sobat daftarkan akan muncul pada halaman tersebut.
Sampai tahap tersebut berarti anda sudah berhasil mendaftarkan blog atau situs yang anda miliki ke google webmaster tools, tahap berikutnya adalah mendapatkan kode verifikasi webmaster tools untuk alamat situs yang anda daftarkan tersebut, kemudian kode verifikasi kita tempel pada template blog yang kita miliki, Disini kebanyakan dari sobat Blogger pemula menemukan kendala jadi simak baik-baik karena kita akan masuk ke CSS template blog kita. 

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Google Webmaster Tool 

Caranya memang sedikit berbeda dengan google webmaster tools sebelumnya, untuk mendapatkan kode verifikasi google webmaster tools terbaru, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 
  • silahkan anda pilih dan klik Alamat url situs anda, untuk masuk ke halaman pengelolaan google webmaster tool untuk situs anda tersebut.
  • Setelah anda masuk, lihat ke pojok kanan atas, ada gambar gerigi, silahkan anda klik tombol tersebut, kemudian pada menu yang muncul silahkan anda pilih menu "Users & Site Owner"
  • Anda akan masuk kehalaman, user and site owner. 
Silahkan anda sorot baris user email anda, kemudian silahkan anda klik pada tulisan "Owner verification page", untuk masuk kehalaman verifikasi page
  • Silahkan anda pilih dan klik link bertuliskan "Verify using a different method." seperti terlihat pada gambar dibawah ini:


Silahkan anda pilih link seperti terlihat pada gambar diatas untuk ke halaman berikutnya
  • Pada halaman berikutnya, silahkan anda pilih HTML Tag, sepeti terlihat pada gambar dibawah ini:

  • Silahkan anda Copyi meta tag, yang muncul, kemudian sekarang masuk ke akun blogger anda, pilih menu template, kemudian tekan tombol "edit HTML" untuk memudahkan pencarian tekan "ctrl+F" kemudian cari kode "<head>", letakan kode yang anda Copy dari webmastertools tersebut tepat dibawah kode head yang terdapat pada template blog anda, jika sudah selesai jangan lupa simpan template blog anda,

Sekarang kembali ke halaman webmaster tools anda, kemudian tekan tombol "Verifiy" selesai.



Sampai tahap diatas berarti anda sudah sukses mendaftarkan blog anda ke google webmaster tools sekaligus meletakan kode verifikasi ke template blog anda.

Cara Mendaftar Ke Bing Webmaster Tools 

Selanjutnya RSB-RumahSeoBlogger akan membahas bagaimana cara mendaftarkan blog ke bing webmaster tool, bing webmaster tool adalah tool yang disediakan oleh microsoft yang dapat membantu para webmaster untuk membuat blog atau situsnya mudah dikenali dan ditemukan oleh mesin pencari bing.

Untuk  mendaftarkan  blog ke bing webmaster tool syaratnya sangat mudah, yaitu kita  harus memiliki salah satu alamat email hotmail atau alamat email outlok, seperti halnya google, dengan memiliki salah satu alamat email tersebut kita bisa menggunakan setiap layanan online dari microsoft tanpa harus melakukan registrasi ulang, jika anda belum memiliki alamat email hotmail atau outlok, langsung saja lakukan pendaftaran bing, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Kunjungi situsnya terlebih dahulu www.bing.com/toolbox/webmaster 
  • Silahkan pilih “Sign up with Microsoft account”
  • Selanjutnya isi form pendaftaran yang sudah tersedia.

Keterangan Form Pendaftaran:
  • First name: Isi dengan nama pertama anda
  • Last name: silahkan isi nama terakhir anda.
  • User name : Buat akun baru dari hotmail atau outlook
  • Password: silahkan isi dengan pasword yang anda inginkan minimal 8 karakter.
  • Reenter password : ulangi password anda.
  • Country/region: isi dengan nama negara anda (contoh: Indonesia).
  • Birtdate: Isi dengan tanggal lahir (bulan/tanggal/tahun)
  • Gender: Pilih jenis kelamin anda.
  • Phone number: Isi dengan nomor telephone anda.
  • Alternate email address: Silahkan isi email lain yang anda punya sebagai alternatif.
  • Enter the characther you see: Silahkan isi kode chapcha yang tersedia.
Isi dengan benar dan lengkap Form pendaftaran diatas dan tetap di ingat jangan sampai lupa klau perlu catat. 
  • Jika formulir sudah diisi semua silahkan klik “Save”
  • selesai, sekarang anda pasang kode verifikasi pada meta tag situs anda dibawah kode <head>.
Contoh kode verifikasi:
<meta name=”msvalidate.01″ content=”5ECADAECAF88E6176F0DC0D2AAE22E89” />
Sama seperti anda menempatkan kode verifikasi ke Google webmaster tools yang tadi. 
  • Jangan lupa “Simpan template” anda. sekarang kembali pada halaman Bing Webmaster. tekan tombol “Verify
Dengan cara diatas, anda berhasil daftar pada mesin pencari Bing dan Google WebMaster selesai submit blog juga verifikasi situs anda. bagaimana mudah bukan? silahkan anda coba sampai selesai, jika masih ada yang kesulitan silahkan tanya pada kolom komentar yang sudah tersedia.


1 comments:

RSB mengatakan...

trimakasih jangan lupa berkunjung